Bakal ada Kartu Diaspora Indonesia

bakal-ada-kartu-diaspora-indonesia

RasaNewsBerita-Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan kartu diaspora Indonesia akan segera diluncurkan. Dia mengharapkan peluncuran akan segera dilaksanakan bulan depan.

“Semoga bulan depan kartu Diaspora Indonesia sudah bisa diluncurkan,” tutur Retno saat ditemui di The Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7).

Retno menjelaskan Kartu Diaspora Indonesia ini sistemnya sukarela. Maksudnya adalah bagi siapapun bisa menjadi diaspora Indonesia, baik masih menjadi warga negara Indonesia atau bekas WNI.

“Sistemnya (Kartu Diaspora) volunteer. Kalau teman atau saudara mau mendaftar Kartu Diaspora, silakan saja. Jadi begini, ada kartu untuk WNI, ada juga untuk eks WNI juga. Sistemnya sukarela dan nanti kita berikan kartunya,” jelas Retno.

Kartu ini dimaksudkan agar jelas seorang WNI di luar negeri bekerja dan sukses di negara dia mencari nafkah. Kartu ini juga bisa menjadi jembatan antara pemerintah Indonesia menjalin mitra.

Diharapkan dengan adanya Kartu Diaspora ini bisa mendekatkan pemerintah dengan diaspora yang ada di luar negeri. Karena, diaspora merupakan aset terbesar bangsa Indonesia.

Retno mengharapkan Diaspora Indonesia mau bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun negeri.

“Kita mengharapkan kemitraan. Kita tahu kalau ini aset besar, dan selain aset, diaspora menjadi suatu hal yang menimbulkan sense of Indonesia lebih kuat, bahwa aku adalah Indonesia,” pungkas Retno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s