Diimingi Kedokteran UNS, 3 calon mahasiswa tertipu ratusan juta

diimingi-kedokteran-uns-3-calon-mahasiswa-tertipu-ratusan-juta

RasaNewsBerita-Tiga orang calon mahasiswa tertipu hingga ratusan juta rupiah karena diimingi bisa masuk dan diterima di Prodi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Solo. Tiga korban berinisial LMP, FN dan NK, dijanjikan oleh seorang warga Klaten bernama Iwan Saputra.

Dalam aksinya, Iwan dibantu oleh seorang temannya bernama Arief Munandar. Kedua tersangka berhasil ditangkap Satuan Reskrim Polresta Surakarta di tempat berbeda. Iwan ditangkap terlebih dahulu di kediamannya di Klaten. Setelah dilakukan pengembangan, penangkapan dilakukan terhadap Arief.

Sejumlah barang bukti diamankan petugas. Diantaranya sebuah printer, laptop dan dokumen palsu. Kedua tersangka pun akhirnya harus mendekam di sel tahanan Mapolresta Surakarta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan, kasus tersebut terungkap berkat adanya laporan dari Prodi Kedokteran UNS. Saat staf administrasi memasukkan 3 nama korban calon mahasiswa selalu tertolak oleh sistem komputer internal kampus.

“Dari sinilah muncul kecurigaan dari staf administrasi Prodi Fakultas Kedokteran. Mereka kemudian lapor ke rektorat, dan diteruskan ke Satreskrim Polresta Surakarta,” ujar Ribut, Senin (7/8).

Polresta Surakarta kemudian melakukan penelusuran. Tiga korban calon mahasiswa yang sudah mendaftar pun juga ikut diperiksa. Hasil pemeriksaan, disebutlah nama Iwan Saputra. Tanpa menunggu lama, polisi membekuk Iwan yang merupakan otak perjokian tersebut.

“Ketiga korban mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Masing-masing Rp 170 juta dan Rp 100 juta. Pelaku kami jerat dengan Pasal 263 tentang pemalsuan surat. Ancaman hukumannya paling lama 6 tahun penjara,” tutup Kapolresta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s